Event Budaya, Tepung Sanak kembali digelar. - KECAMATAN JABUNG | KAMPUNG ADAT | DUSUN BUSU MALANG | KABUPATEN MALANG
Kampung adat jaman dulu dimana ada busu pada masa lalu tanpa adanya penerangan. dan merasakan keadaan kampung masa itu
Pawai wayang orang di kampung adat
Penampilan para pemain ludruk organik yang pemainya dari warga kampung dan basik mereka bukan pemeran seni
Pertujukan wayang kulit oleh dalang cilik.

Kamis, 30 Mei 2024

Event Budaya, Tepung Sanak kembali digelar.




Tepung Sanak, merupakan ajang Budaya dan silaturahmi yang tiap tahun di selenggarakan di Kampung Treteg, dusun Busu, desa Slamparejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Tepung Sanak, yang secara harfiah mempunyai arti perjumpaan saudara/kerabat ataupun kolega ini menjadi satu giat rutin yang di inisiasi dan selenggarakan oleh warga Busu bagi kebudayaan. Tepung Sanak dalam kegiatanya selalu menampilkan seni budaya yang ada di wilayah Jabung dan sekitarnya. Dengan konsep suguhan yang sederhana dan merakyat, Tepung Sanak banyak mendapat apresiasi oleh kalangan Budayawan, pelaku seni, maupun penggiat sosial di Malang. 


Setelah beberapa tahun terakhir even Budaya “ Tepung Sanak” tidak digelar semenjak tahun 2020 saat pagebluk Covid 19 melanda, pada tahun 2024 ini kembali di gelar pada tanggal 1 hingga 2 Juni 2024. Potret kehidupan yang sederhana masyarakat pedusunan atau pedesaan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar dusun Busu saat bertandang ke event Tepung Sanak. Antusiasme masyarakat luas pada even “kampung” ini bisa di lihat dari banyaknya penggiat seni atau budaya yang hadir dan menyumbang karya penampilan.



Dalam even tahunan ini, yang pernah perform dan menyumbang karya tampil seni budaya diantaranya, dari penggiat musik ada Alm. Kang Aziz, Redy Eko Prasetyo, Iksan Skuter, Iwan Dongkel, dan lainya. dari seni tari ada Mbah Mimin (Putri dari Mbah Sumantri,Maetro Karawitan Malang), Mbak Frista Gubuk Bapang, dan tentunya tampilan dari anak-anak dan warga Busu sendiri. Selain di apresiasi penggiat seni budaya, Tepung Sanak dusun Busu, Slamparejo Jabung ini juga kerap di hadiri para penggiat sosial, dari Romo Tatok beserta istri, Mbah Priyo Sunanto Sidi, Berlatar kehidupan pedusunan, dengan konsep mengabarkan potensi dusun dalam ajang Tepung Sanak, menjadi satu daya tarik yang mesti terus di apresiasi.



Mari hadir dan mengalir dalam even Tepung Sanak, yang di tahun ini membawa tema besar “Luwas Sedulurane, Luwas Rejekine”, yang salah satunya akan menampilkan satu grup musik ARCA TATASAWARA dan Nashir Project dari Malang, sebuah grup musik bergenre Wordl Musik. selain itu, kehadiran Gus Muham El Muqtadir akan semakin menyemarakan acara Njagong sinambi lelagon.


Sugeng Rawuh dulur…


#senibbudaya #Tepungsanak #Adatistiadat #Pemajuankebudayaan #objekpemajuankebudayaan #opk 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tingggalkan komentar sesuka Anda di kolom yang tersedia...


-Terimakasih telah berkunjung-