Tradisi Neloni Budaya untuk Berbagi dan Saling Mendoakan. - KECAMATAN JABUNG | KAMPUNG ADAT | DUSUN BUSU MALANG | KABUPATEN MALANG
Kampung adat jaman dulu dimana ada busu pada masa lalu tanpa adanya penerangan. dan merasakan keadaan kampung masa itu
Pawai wayang orang di kampung adat
Penampilan para pemain ludruk organik yang pemainya dari warga kampung dan basik mereka bukan pemeran seni
Pertujukan wayang kulit oleh dalang cilik.

Minggu, 15 September 2019

Tradisi Neloni Budaya untuk Berbagi dan Saling Mendoakan.

Neloni yang berarti telu dalam bahasa jawa atau tiga,maka dari itu upacara neloni diadakan pada waktu kandungan berumur tiga bulan dan saat upacara ini disediakan sajian berupa nasi tumpeng yaitu nasi putih yang dibentuk seperti mengerucut.

Tradisi Neloni Budaya untuk Berbagi dan Saling Mendoakan.

 Lauk pauk tumpeng tersebut adalah gundangan yang terdiri dari beberapa macam sayuran yang telah dimasak dan dicampur dengan sambal kelapa.Selain itu disajikan pula jenang abang putih.

Tradisi Neloni Budaya untuk Berbagi dan Saling Mendoakan.
Disamping sajian tersebut pada upacara ini ada pula yang menyajikan nasi punar yaitu nasi yang rasanya gurih dan berwarna kuning diberi air kunyit.Cara menyajikan nasi punar ini diletakan di takir plonthang .
Tradisi Neloni Budaya untuk Berbagi dan Saling Mendoakan.

Di Dusun Busu juga tak jarang menjumpai tradisi Neloni acara Neloni ini juga dilaksanakan pada masing-masing rumah Ibu yang sedang mengandung selama 3 bulan tersebut 

Tradisi Neloni Budaya untuk Berbagi dan Saling Mendoakan.
Setelah semua sajian tersebut tersedia,maka orang yang punya hajat mengundang tetangganya untuk kenduri.Kenduri ini biasanya dipimpin oleh moden atau orang yang sudah berpengalaman dalam memimpin upacara.

Sumber : Selayang Pandang Dusun Busu
Pengetik : Lisa Alfiana Romayani

1 komentar:

  1. An easy-to-calibrate build plate and a uniform light source create great print outcomes with few changes wanted. This file accommodates detailed instructions for a 3D printer to observe for every slice, like beginning point|the begin line|the place to begin} for every layer and the "route" that the nozzle or print head will observe in laying down the fabric. This doesn't create a barrier to printing with these machines, because the proprietary file format is generated from the user's personal STL or WRL file. Some examples embody the .type file, used Selling sweater with the PreForm software program for Form1 printers, or the .zpr format, proprietary to the ZPrint and ZEdit software program used with ZCorp binder jet printers.

    BalasHapus

Silahkan tingggalkan komentar sesuka Anda di kolom yang tersedia...


-Terimakasih telah berkunjung-