Mengapa Upacara Bendera di Kampung?

Merah Berani. Putih Suci.
Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73. Masyarakat dusun Busu mengadakan Upacara Bendera yang bertempat di lapangan dusun Busu.



Kali ini kita akan membahas tentang apa itu upacara Bendera.
Jadi  upacara bendera merupakan  pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa. Yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa. Dan ini adalah ciri khas yang membedakan bangsa kita dengan bangsa lain.

Pada upacara bendera terdapat langkah-langkah yang harus disusun yang disebut Tata Upacara Bendera. Tata upacara bendera adalah tindakan maupun gerakan yang dirangkai dan ditata dengan tertib dan disiplin.

Mengapa perlu Upacara Bendera?


Dalam upacara bendera sederet acara di gelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari yang kecil atau anak-anak dibariskan secara rapi, sampai dengan pembubaran barisan setelah selesai melakukan upacara bendera.

Upacara bendera mengajarkan kita untuk membiasakan disiplin, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, membiasakan berpenampilan rapi, meningkatkan kekompakan dan kebersamaan, menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Upacara bendera juga mengajarkan pada kita untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional. Yang membuat kita mengetahui sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan anak muda yang gagah perkasa.

Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Jika kita mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati kita akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya.

 Di situlah tergambar bahwa kita adalah bangsa yang sudah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir para penjajah dari bumi Indonesia tercinta.

Kita mendapatkan nilai-nilai positif untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai positif seperti gotong-royong dalam kebersamaan, kegigihan, dan semangat pantang menyerah, serta mengutamakan keharmonisan dalam kebhinnekaan. Semua itu mengarah pada satu tujuan bersama.



Semoga Allah SWT melimpahkan taufik dan rahmatnya kepada bangsa Indonesia, menjadi bangsa yang adil dan makmur. Menjadikan dusun Busu ini kampung yang senantiasa menjaga kerukunan, gotong royong dalam kebersamaan, saling menjaga dan mengasihi sesama makhluk yang ada di bumi.


1 komentar:

Silahkan tingggalkan komentar sesuka Anda di kolom yang tersedia...


-Terimakasih telah berkunjung-