Travelling atau Dolen

Travelling artinya adalah bepergian, dolan, dolen, nglayap, uklam-uklam, pergi untuk kembali, dll.

Tulisan ini saya buat karena terinspirasi dari teman-teman dan buku-buku travelling yang saya baca.

Kenapa sih kita harus dolen? 

Sebenarnya dengan dolen itu banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh. Dengan dolen kita bisa melihat tempat-tempat baru dan merasakan bagaimana kehidupan yang terjadi di luar sana. Ada berbagai macam budaya, agama, dan kebiasaan-kebiasaan yang menurut kita aneh sekali untuk dilakukan bagi seorang manusia. Oleh karena itu selain untuk menambah wawasan, dolen juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Dolen bukan hanya cuma foto selfie terus pulang. Melainkan kita ketemu siapa, apa yang kita peroleh/pelajari, dan bagaimana itu mengubahmu. Berbagi pengalaman dengan orang-orang yang kita temui biasanya jauh lebih seru daripada kegiatan dolen itu sendiri. Di sini kita juga bisa belajar bagaimana kita harus santai ketika menghadapi masalah menyebalkan, pintar mengatur waktu, kita dipaksa gampang nyambung dengan orang lain (easy going). 


Kita bisa menyaksikan bagaimana Indahnya negeri kita ini, dan bahkan bisa merasakan keindahan negara-negara indah lainnya di luar sana. Seperti melihat aurora di negara Islandia, bagaimana disiplinnya orang Jerman dan Jepang. Disisi lain coba kita tengok apa yang terjadi di India, Kereta-kereta begitu penuhnya, gelandangan dimana-mana, dengerin orang India yang curhat gimana beratnya hidup disana. Dan itu membuat kita bersyukur kita ada di Indonesia. Orang kita ramah, kita bebas beribadah, makanan kita enak, kita tidak merasakan dinginnya salju, itu semua membuat kita bersyukur banget sebagai orang Indonesia.

Andaikan kita tidak dolen, darimana kita bisa dapat pengalaman itu? cuma liat di TV doang? Gak ngena bro,, Dolen benar-benar mengajarkan kita banyak hal.
Buku adalah jendela ilmu dan dunia, tapi jangan lupa jejaki dunia yang sebenarnya itu.

"Dolen iku gak cuman perkoro piro akeh'e nggen sing tau samean tekani, iki perkoro yo'opo samean iso berbagi pengalaman lan cerito karo wong-wong sing samean temui. Sing paling penting yo'opo awak dewe iki belajar menyelami nang jero awak dewe sak adoh'e samean dolen."
Kalau dalam bahasa Inggris 
"Travelling is not so much about the places you visit or the things you do. It is about the people you connect with and the experience that you share. It is about immersing yourself and learning how far can you go."


Semoga teman-teman disini diberi banyak rezeki biar bisa dolen, bisa belajar dari pengalamannya, terus membantu membangun Dusun Busu Tercinta kita ini.






0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tingggalkan komentar sesuka Anda di kolom yang tersedia...


-Terimakasih telah berkunjung-