Busu di Gunung


Busu di Gunung?? apa itu?!

busu jabung
Persawahan di Busu
Sebenarnya Busu adalah nama sebuah Dusun indah nan damai yang terletak di wilayah kabupaten Malang. Tepatnya di kecamatan Jabung, Desa Slamparejo. Bagi yang tinggal di wilayah Malang sendiri kebanyakan dari mereka tidak mengetahui kalau di kabupaten mereka mempunyai kecamatan yang bernama Jabung, apalagi dusun Busu, tambah ora ngerti blass. Saya juga menyadari apabila saya berkunjung ke dalam daerah yang penuh dengan hiruk-pikuk warga ataupun kendaraan yang berlalu-lalang seperti semut yang mempunyai knalpot dan kepala besi yang sangat jarang saya jumpai di Dusun Busu ini (sebut saja Perkotaan) pasti tidak mengenal dengan daerah Jabung. Seperti contoh ketika saya berada di perkotaan dan mencoba untuk sekedar basa basi dengan orang yang begitu mudah saya jumpai di pinggir pinggir jalan. Hal yang pertama saya lakukan adalah mendatanginya dengan sopan dan memberikan sedikit senyuman yang mesra  -ciyeeeee... ihiirr - .Saya memulai dengan kata kata yang sering digunakan oleh banyak orang ketika pertama bertemu dengan  orang yang beru pertama mereka jumpai  "ndek endi umae mas?"  "iki ndek Suhat ngetan titik, samean ndek endi?"  "umahku ndek Jabung mas"  "Jabung?? Daerah endi iku" nah ketika saya mendengar pertanyaan kebingungan dia, saya dengan terpaksa menjawab dengan nama dua kecamatan "Daearah Pakis Tumpang mas" dan baru beliaunya mengerti kalau daerah Tumpang. Tumpang adalah kecamatan tetangga dari Jabung dan Pakis juga nama kecamatan dan mereka (warga perkotaan) pasti mengerti adanya 2 kecamatan tersebut... Okelah memang dusun saya bisa di sebut dusun yang terpencil dan bisa juga disebut plosok bagi orang yang baru pertama masuk dusun Busu ini. Tetapi bagi orang-orang yang tinggal di sekitar tetangga kecamatan Jabung maupun desa lainnya pasti tahu dusun Busu. Bukan hanya tahu mereka juga mengerti letak jalan alternatif mana yang bisa di tempuh untuk mencapai dusun Indah nan Damai ini, jadi dusun Busu ini sangat terkenal di mata tetangga desa. Jadi ya gak plosok plosok amat sih.. iya ngak;-)  yoo mboh.

Di gunung???, memang benar dusun Busu adalah daerah pegunungan yang sejuk, sejuk itu damai, dan damai adalah misi umat manusia dalam hidup, hehehe.. seperti dusun dusun lainya yang terletak di daerah pegunungan mempunyai masalah dengan air, apalagi pada  saat musim kemarau, banyu angel bos, soale sumber ndek gunung cilik. Tetapi masalah air ini tidak sehebat seperti dusun-dusun yang ada di dunia dan yang ada di benua Hitam (Afrika) dengan masalah air yang sangat berat. Pasok air dusun Busu masih bergantung pada sumber air yang ada di gunung, jadi bersukurlah kalian yang mempunyai air berlebih di rumah kalian. Apalagi di musim kemarau seperti ini semua warga  sangat membutuhkan air untuk keperluan mereka, dan mereka harus rela berkorban untuk antri di setiap talang-talang air terdekat demi mendapatkan sumber kehidupan itu. Hidup butuh perjuangan men.

Untuk alamat Dusun Busu sendiri terletak di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur bro,, mungkin anda yang berasal dari Malang sendiri ataupun yang dari mana saja bisa berkunjung ke Dusun kecil yang damai nan indah ini. Tepatnya di Kecamatan Jabung Desa Slamparejo.. Gampang banget kok menemukannya semudah menjilat siku sendiri, coba deh. hehe. Asalkan tetap pada prinsip mencari alamat  "malu bertanya sesat di jalan" kira-kira seperti itulah bunyinya.

Nih saya kasih jejak untuk menemukan dusun damai nan indah Anda tinggal memulai dengan 1 langkah ayunan kaki :
  1. Misalkan Anda adalah orang dari luar Kabupaten Malang, Silahkan datang ke Malang dulu.dan jika panjenengan tiang Malang, selamat ! Anda berada di jalur yang benar.
  2. Setelah tiba di Malang, lanjutkan perjalanan menyenangkan Anda menuju satu nama Kecamatan, yaitu Jabung. lakukan prinsip mencari alamat "berani bertanya, sampai di tujuan". Apabila Anda bertanya dimana Jabung itu dan yang Anda tanyai tidak mengerti dimana Jabung, jangan putus asa. Anda bisa bertanya nama Kecamatan Tumpang, dan saya yakin orang yang Anda tanyai pasti mengerti letak kecamatan Tumpang, kalau masih belum mengerti berarti yang Anda tanyai bukan orang Malang. Setelah mengetahui langsung meluncur.
  3. Sampai di Jabung, Tinggal tanya aja ke penduduk sekitar dimana Dusun Busu berada dan di jamin pasti mereka semua tahu dan menyambut kedatangan Anda dengan ramah dan penuh dengan senyuman. Untuk yang masih belum sampai di Jabung, dan mungkin berada di Tumpang, tetap lakukan prinsip mencari alamat.
  4. Sudah sampai ??? selamat !!. So, Anda bertanya dalam diri Anda sendiri kemana kemudian.. Don't Panic. Ada satu tempat indah yang bisa Anda temukan .. Namanya adalah Cino. membacanya adalah seperti bangsa Cina dalam Bahasa Jawa , bukan Cino seperti iklan permen yang di bawakan oleh Joshua. Let's Rock,, Berhasil.


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tingggalkan komentar sesuka Anda di kolom yang tersedia...


-Terimakasih telah berkunjung-