Pengabdian Masyarakan Untuk Preman Mengajar Oleh Universitas Negeri Malang - KECAMATAN JABUNG | KAMPUNG ADAT | DUSUN BUSU MALANG | KABUPATEN MALANG
Kampung adat jaman dulu dimana ada busu pada masa lalu tanpa adanya penerangan. dan merasakan keadaan kampung masa itu
Pawai wayang orang di kampung adat
Penampilan para pemain ludruk organik yang pemainya dari warga kampung dan basik mereka bukan pemeran seni
Pertujukan wayang kulit oleh dalang cilik.

Senin, 19 Oktober 2020

Pengabdian Masyarakan Untuk Preman Mengajar Oleh Universitas Negeri Malang

Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur kemandirian suatu bangsa. Hal ini dikarenakan pendidikan akan berkorelasi positif dengan tingkat kesejahteraan rakyat. Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak dan didukung oleh sumber daya alam yang melimpah, nyatanya tidak diikuti oleh tingginya tingkat kesejahteraan rakyatnya. 



Tim dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan pengabdian masyarakat dengan judul Edukasi dan Pendampingan Materi Pelajaran Dasar Berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematics) untuk Komunitas Preman Mengajar sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi dan Sumber Daya Pendidik di Lembaga Pendidikan Informal.


Kegiatan ini bertempat di Dusun Busu, desa Slamparejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Berlangsung 2 kali pertemuan yaitu pada tanggal 10 dan 17 Oktober 2020. Dusun Busu sendiri berjarak sekitar 22,6 Km dari Universitas Negeri Malang.


Pada tanggal 10 Oktober kegiatan di mulai dengan memberikan pelatihan kewirausahaan dengan membuat mie yang sehat oleh Bapak Agung Witjoro S,Pd M.Kes, Kemudian dilanjutkan dengan motivasi  Peserta oleh kakak mahasiswa. Jumlah peserta yang hadir 30 orang, sebagian besar dari Pengajar Pendamping dari Gubuk Baca Lereng Busu dan juga Preman Mengajar.

Kegiatan Pada tanggal 17 Oktober 2020 di buka dengan penampilan tari dari Gubuk Baca Lereng Busu. Kemudian di lanjutkan pendalaman materi STEM (Science Technology Engineering Mathematics) oleh Ibu Kennis Rozana S.Pd, M.Si selaku Ketua Pengabdian dari Universitas Negeri Malang.



"Rendahnya kesejahteraan rakyat Indonesia disebabkan oleh tidak meratanya akses pendidikan pada beberapa daerah di Indonesia. Berawal dari kondisi pendidikan di Indonesia tersebut, lahirlah komunitas sosial PREMAN MENGAJAR yang peduli dengan hak- hak pendidikan anak- anak di pelosok daerah. Niat mulia PREMAN MENGAJAR untuk membantu anak- anak di pelosok daerah yang tidak mendapat akses pendidikan nyatanya tidak diikuti oleh kemampuan dan keterampilan PREMAN MENGAJAR yang memadai." 



Melalui sistem pendampingan sistematis yang mengkombinasikan keterlibatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang terdiri dari pelatihan teknik dasar mengajar, pendampingan pemahaman materi dasar, teknik evaluasi, teknik belajar menyenangkan dan kontekstual, hingga pendampingan pengembangan minat bakat peserta didik diharapkan peran komunitas PREMAN MENGAJAR yang bergerak di bidang pendidikan dapat tercapai dengan optimal. 


Pada akhirnya, peningkatan pemahaman materi dan keterampilan mengajar dari anggota komunitas PREMAN MENGAJAR ini akan berdampak pada peningkatan akses pendidikan di pelosok daerah yang belum terjangkau.


Tujuan besar dari edukasi dan pendampingan materi pelajaran dasar bagi anggota komunitas PREMAN MENGAJAR ini adalah memberikan edukasi dan pengetahuan bagi anggota komunitas PREMAN MENGAJAR itu sendiri agar dapat meningkatkan taraf kesejahteraan hidupnya, juga untuk membantu anak-anak di daerah pelosok agar tetap dapat menikmati pendidikan yang tepat dari para pendidik yang berkualitas.


Selain itu tujuan lainnya yang ingin dicapai dari pengabdian masyarakat ini adalah pemahaman teknik mendidik dan mengajar sekaligus pemahaman materi bagi anggota PREMAN MENGAJAR agar dapat menjalankan perannya dengan optimal dan menyampaikan ilmu pengetahuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tingggalkan komentar sesuka Anda di kolom yang tersedia...


-Terimakasih telah berkunjung-