Pulang

Assalamualaikum kawan, semoga kita semua sehat selalu, banyak rezeki, tambah ganteng dan tambah ayu. Aamiin.

Kali ini mari kita ngobrol santai tentang "Pulang". Kata yang memiliki banyak makna. Mewakili sebuah kerinduan akan kehidupan lama yang telah kita tinggalkan. Kata yang (mungkin) menyejukkan insan bagi mereka yang jauh dari kampung halaman.

Setiap manusia pasti memiliki tujuan dan cara berbeda-beda untuk menjalani kehidupan. Kita sering mendengar saudara kita, teman, atau bahkan diri kita sendiri jauh dari tempat tinggal. Komitmen awal dari kita pun bermacam-macam. Ada yang untuk bekerja, mencari ilmu, mencari kebahagiaan, mencari jodoh, atau menjalani bermacam-macam kehidupan lainnya.

Hingga tiba saatnya sebuah perjalanan tersebut memanggil kita untuk kembali pulang. Ada yang pulang dengan membawa kesuksesan, pulang dengan tangan hampa, pulang membawa luka, pulang membawa cinta, pulang membawa pengalaman, pulang membawa arti kehidupan. Dan lain sebagainya.

Tempat  yang kita tinggalkan selama berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bertahun-tahun adalah tujuan dari kata pulang. Kita akan merasakan kembali suasana yang sama, orang-orang yang sama, bau yang sama, tempat yang sama. Walaupun kita sempat menyangka akan ada banyak perubahan.


Membuka kembali kenangan-kenangan yang telah terlukiskan di kampung halaman. Merasakan kembali  apa yang kita lihat dulu dan sekarang. Memaknai sebuah kepulangan dengan berbagai sudut pandang yang berbeda. Lebih bijaksana dalam menyikapi segala hal, tersenyum menertawakan kejadian-kejadian yang sempat terlupakan.

"Pulang  
Merasakan kenyamanan dan kehangatan yang pernah ditinggalkan, menceritakan semua keluh kesah yang dirasakan ketika di tanah rantau dan menjadi diri sendiri. 
Pulang merupakan momen berkumpulnya kembali ke tanah kelahiran yang memberikan banyak kenangan-kenangan bersama orang-orang yang disayang, dimana kita bisa tertawa bebas tanpa beban dan bisa bermain tanpa takut kotor."
-Fitri Muliati Siregar- Psikolog.

Pulang memiliki arti dan makna yang berbeda, tergantung kita menyikapinya dan memaknainya seperti apa. 

Yang pasti pada akhirnya kita semua akan pulang kembali kepada-Nya. Persiapan-persiapan menjelang pulang harus kita cari dan kita miliki mulai hari ini, bukan besok!.



Semoga pembaca semua selalu mendapatkan nilai SKS (Sehat, Kuat, Selamat) yang sempurna untuk menjalani hidup ini. Nilai SKS sedikit banyak akan memberikan pengaruh bagi kita. Mari kita perkuat nilai kesehatan kita, kekuatan kita, dan keselamatan kita dengan sesuatu hal yang positif. Untuk bekal kepulangan kita kepada keluarga dan kepada-Nya. 

Selamat pulang :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tingggalkan komentar sesuka Anda di kolom yang tersedia...


-Terimakasih telah berkunjung-